PEMASARAN | 11 MIN BACA
Cara Melakukan Riset Kata Kunci untuk SEO: Panduan Pemula
 Rachel Leist
Ditulis oleh Rachel Leist


bagaimana-untuk-melakukan-kata kunci-penelitian
Sementara Google membuat kami tetap waspada dengan semua pembaruan algoritma yang terus mereka lakukan, satu hal tetap cukup konsisten untuk pemasar masuk yang ingin mengoptimalkan situs web mereka untuk pencarian: riset kata kunci.

Yah, kebutuhan untuk melakukan penelitian kata kunci tetap sama. Bagaimana sebenarnya Anda melakukannya.

Apa itu riset kata kunci?

Riset kata kunci adalah proses menemukan dan menganalisis istilah pencarian aktual yang dimasukkan orang ke mesin pencari. Wawasan yang dapat Anda peroleh dalam istilah pencarian aktual ini dapat membantu menginformasikan strategi konten, serta strategi pemasaran Anda yang lebih besar.

Mengapa penelitian kata kunci penting?

Semakin banyak, kami mendengar betapa SEO telah berevolusi hanya dalam 10 tahun terakhir, dan bagaimana kata kunci yang tidak penting itu sendiri menjadi kemampuan kami untuk peringkat yang baik untuk pencarian yang dilakukan orang setiap hari.

Akses Sekarang: 22 Mitos SEO untuk Tinggalkan Di Balik Tahun Ini
Dan sampai batas tertentu, ini benar; menggunakan kata kunci yang sama persis dengan pencarian seseorang bukan lagi faktor peringkat paling penting di mata seorang profesional SEO. Alih-alih, itu maksud di balik kata kunci itu, dan apakah sepotong konten memecahkan maksud itu (kita akan berbicara lebih banyak tentang maksud hanya dalam satu menit).

Tapi itu tidak berarti penelitian kata kunci adalah proses yang sudah ketinggalan zaman. Biarkan saya jelaskan:

Riset kata kunci memberi tahu Anda topik apa yang dipedulikan orang dan, dengan asumsi Anda menggunakan alat SEO yang tepat, seberapa populer topik itu sebenarnya ada di antara audiens Anda. Istilah operatif di sini adalah topik - dengan meneliti kata kunci yang mendapatkan volume pencarian tinggi per bulan, Anda dapat mengidentifikasi dan menyortir konten Anda ke dalam topik yang ingin Anda buat kontennya. Kemudian, Anda dapat menggunakan topik ini untuk menentukan kata kunci mana yang Anda cari dan targetkan.

Dengan meneliti kata kunci untuk popularitas, volume pencarian, dan maksud umum mereka, Anda dapat menangani pertanyaan yang ingin dijawab oleh kebanyakan orang di audiens Anda.

Bagaimana niat mempengaruhi penelitian kata kunci?

Seperti yang saya katakan di bagian sebelumnya, niat pengguna sekarang adalah salah satu faktor paling penting dalam kemampuan Anda untuk peringkat yang baik di mesin pencari seperti Google. Hari ini, lebih penting bahwa halaman web Anda mengatasi masalah yang dimaksudkan untuk diselesaikan oleh pencari daripada hanya membawa kata kunci yang digunakan oleh pencari. Jadi, bagaimana ini memengaruhi riset kata kunci yang Anda lakukan?

Sangat mudah untuk mengambil kata kunci untuk nilai nominal, dan sayangnya, kata kunci dapat memiliki banyak arti berbeda di bawah permukaan. Karena maksud di balik pencarian sangat penting bagi potensi peringkat Anda, Anda perlu ekstra hati-hati dalam menginterpretasikan kata kunci yang Anda targetkan.

Misalnya, Anda sedang meneliti kata kunci "cara memulai blog" untuk artikel yang ingin Anda buat. "Blog" dapat berarti posting blog atau situs web blog itu sendiri, dan apa maksud pencari di balik kata kunci itu akan mempengaruhi arah artikel Anda. Apakah pencari ingin mempelajari cara memulai posting blog individu? Atau apakah mereka ingin tahu cara meluncurkan domain situs web untuk keperluan blogging? Jika strategi konten Anda hanya menargetkan orang-orang yang tertarik pada yang terakhir, Anda harus memastikan niat kata kunci sebelum berkomitmen.

Untuk memverifikasi maksud pengguna dalam kata kunci, sebaiknya masukkan saja kata kunci ini ke mesin pencari, dan lihat jenis hasil apa yang muncul.

Saya akan menjelaskan proses penelitian kata kunci yang dapat Anda ikuti untuk membantu Anda membuat dan mempersempit daftar istilah yang harus Anda targetkan. Dengan begitu, Anda dapat membangun dan menjalankan strategi kata kunci yang kuat yang membantu Anda ditemukan untuk istilah pencarian yang benar-benar Anda pedulikan.

Cara Meneliti Kata Kunci untuk Strategi SEO Anda

Langkah 1: Buat daftar topik penting dan relevan berdasarkan apa yang Anda ketahui tentang bisnis Anda.

Untuk memulai proses ini, pikirkan tentang topik yang ingin Anda peringkatkan dalam hal ember umum. Anda akan menemukan sekitar 5-10 kotak topik yang menurut Anda penting bagi bisnis Anda, dan kemudian Anda akan menggunakan kotak topik tersebut untuk membantu menghasilkan beberapa kata kunci spesifik nanti dalam proses.

Jika Anda seorang blogger biasa, ini mungkin topik yang paling sering Anda blogkan. Atau mungkin mereka adalah topik yang paling banyak muncul dalam percakapan penjualan. Tempatkan diri Anda pada posisi persona pembeli Anda - jenis topik apa yang akan dicari audiens target Anda yang Anda ingin agar bisnis Anda ditemukan? Jika Anda adalah perusahaan seperti HubSpot, misalnya - menjual perangkat lunak pemasaran (yang kebetulan memiliki beberapa alat SEO yang mengagumkan ... tapi saya ngelantur ... Anda mungkin memiliki ember topik umum seperti:

"pemasaran masuk" (21K)
"blogging" (19K)
"pemasaran email" (30K)
"generasi pemimpin" (17K)
"SEO" (214K)
"pemasaran media sosial" (71K)
"analitik pemasaran" (6.2K)
"otomatisasi pemasaran" (8.5K)
Lihat angka-angka dalam tanda kurung di sebelah kanan setiap kata kunci? Itu volume pencarian bulanan mereka. Inidata memungkinkan Anda mengukur seberapa penting topik-topik ini bagi audiens Anda, dan berapa banyak sub-topik yang Anda perlukan untuk membuat konten agar berhasil dengan kata kunci tersebut. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sub-topik ini, kami beralih ke langkah 2 ...

Langkah 2: Isi ember topik tersebut dengan kata kunci.

Sekarang Anda memiliki beberapa ember topik yang ingin Anda fokuskan, sekarang saatnya untuk mengidentifikasi beberapa kata kunci yang termasuk dalam ember tersebut. Ini adalah frasa kata kunci yang menurut Anda penting untuk diperingkat dalam SERP (halaman hasil mesin pencari) karena pelanggan target Anda mungkin melakukan pencarian untuk istilah-istilah tertentu.

Misalnya, jika saya mengambil topik terakhir untuk perusahaan perangkat lunak pemasaran inbound - "otomatisasi pemasaran" - saya akan melakukan brainstorming beberapa frasa kata kunci yang menurut saya akan diketik orang terkait dengan topik itu. Itu mungkin termasuk:

alat otomatisasi pemasaran
cara menggunakan perangkat lunak otomasi pemasaran
Apa itu otomatisasi pemasaran?
bagaimana cara mengetahui apakah saya memerlukan perangkat lunak otomasi pemasaran
pengasuhan memimpin
otomatisasi pemasaran email
alat otomatisasi atas
Dan seterusnya dan seterusnya. Inti dari langkah ini bukan untuk membuat daftar frasa kata kunci terakhir Anda. Anda hanya ingin berakhir dengan kumpulan kata-kata yang menurut Anda calon pelanggan mungkin gunakan untuk mencari konten yang berkaitan dengan keranjang topik tertentu. Kami akan mempersempit daftar nanti dalam proses sehingga Anda tidak memiliki sesuatu yang terlalu berat. Setelah Anda memiliki daftar akhir, ada beberapa alat yang digerakkan oleh data yang tersedia untuk Anda untuk mengetahui kata kunci mana yang paling mungkin Anda peringkat dengan baik.

(Catatan: Jika Anda adalah pelanggan HubSpot, Anda sebenarnya dapat menghabiskan sedikit waktu untuk mengurangi topik dan daftar kata kunci dengan Strategi Konten HubSpot. Strategi Konten membantu Anda mengidentifikasi dan meriset topik-topik riset untuk didekati berdasarkan konten yang ada. )

Strategi Konten, dan alat pengorganisasian kata kunci SEO oleh HubSpot
Meskipun semakin banyak kata kunci yang dienkripsi oleh Google setiap hari, cara cerdas lain untuk menghasilkan gagasan kata kunci adalah mencari tahu kata kunci mana yang sudah ditemukan oleh situs web Anda. Untuk melakukan ini, Anda akan memerlukan perangkat lunak analisis situs web seperti Google Analytics atau laporan HubSpot's Sumber, yang tersedia di alat Traffic Analytics. Menelusuri sumber lalu lintas situs web Anda, dan menyaring ember lalu lintas pencarian organik Anda untuk mengidentifikasi kata kunci yang digunakan orang untuk tiba di situs Anda.

Ulangi latihan ini untuk sebanyak mungkin ember topik yang Anda miliki. Dan ingat, jika Anda mengalami masalah dengan istilah pencarian yang relevan, Anda selalu dapat mendatangi kolega Anda yang menghadapi pelanggan - mereka yang ada di Penjualan atau Layanan - dan bertanya kepada mereka jenis istilah apa yang prospek dan pelanggan mereka gunakan, atau pertanyaan umum yang mereka miliki. Itu sering merupakan titik awal yang bagus untuk penelitian kata kunci.

Langkah 3: Penelitian istilah pencarian terkait.

Ini adalah langkah kreatif yang mungkin telah Anda pikirkan ketika melakukan penelitian kata kunci. Jika tidak, ini cara yang bagus untuk mengisi daftar itu.

Jika Anda kesulitan memikirkan lebih banyak kata kunci yang mungkin dicari orang tentang topik tertentu, buka Google.com dan lihat istilah pencarian terkait yang muncul saat Anda memasukkan kata kunci. Saat Anda mengetik frasa dan gulir ke bagian bawah hasil Google, Anda akan melihat beberapa saran untuk pencarian yang terkait dengan input asli Anda. Kata kunci ini dapat memicu ide untuk kata kunci lain yang mungkin ingin Anda pertimbangkan.

Pencarian terkait
Ingin mendapat bonus? Ketik beberapa istilah pencarian terkait dan lihat istilah pencarian terkait mereka.

Ingin bonus lain? Pelanggan HubSpot dapat memperoleh saran untuk kata kunci dan topik untuk dipertimbangkan dalam alat Strategi Konten.


Langkah 4: Periksa campuran istilah kepala dan kata kunci ekor panjang di setiap ember.

Jika Anda tidak tahu perbedaan antara istilah kepala dan kata kunci ekor panjang, izinkan saya menjelaskannya. Istilah kepala adalah frasa kata kunci yang umumnya lebih pendek dan lebih umum - biasanya hanya satu hingga tiga kata, tergantung pada siapa Anda berbicara. Kata kunci ekor panjang, di sisi lain, adalah frasa kata kunci yang lebih panjang biasanya berisi tiga atau lebih kata.

Penting untuk memeriksa bahwa Anda memiliki campuran istilah kepala dan istilah ekor panjang karena akan memberi Anda strategi kata kunci yang seimbang dengan tujuan jangka panjang dan kemenangan jangka pendek. Itu karena istilah head umumnya dicari lebih sering, membuatnya sering (tidak selalu, tetapi sering) jauh lebih kompetitif dan lebih sulit untuk peringkat daripada istilah ekor panjang. Pikirkan tentang hal ini: Tanpa mencari volume atau kesulitan pencarian, manakah dari istilah berikut yang menurut Anda akan lebih sulit untuk diperingkatkan?

cara menulis posting blog yang bagus
blogging
Jika Anda menjawab # 2, Anda memang benar. Tapi jangan berkecil hati. Meskipun istilah kepala umumnya memiliki volume pencarian terbanyak (artinya potensi lebih besar untuk mengirimkan lalu lintas kepada Anda), terus terang, lalu lintas yang akan Anda dapatkan dari istilah "cara menulis posting blog yang hebat" biasanya lebih diinginkan.

Mengapa?

Karena seseorang yang mencari sesuatu topi spesifik mungkin adalah pencari yang jauh lebih berkualitas untuk produk atau layanan Anda (anggap Anda berada di ruang blogging) daripada seseorang yang mencari sesuatu yang sangat umum. Dan karena kata kunci berekor panjang cenderung lebih spesifik, biasanya lebih mudah untuk memberi tahu apa yang sebenarnya dicari orang yang mencari kata kunci tersebut. Seseorang yang mencari istilah kepala "blogging," di sisi lain, bisa mencarinya untuk sejumlah alasan yang tidak terkait dengan bisnis Anda.

Jadi, periksa daftar kata kunci Anda untuk memastikan Anda memiliki campuran istilah kepala dan kata kunci ekor panjang yang sehat. Anda pasti menginginkan beberapa kemenangan cepat yang dapat Anda dapatkan dari kata kunci berekor panjang, tetapi Anda juga harus mencoba untuk memilah-milah istilah yang lebih sulit dalam jangka panjang.

Langkah 5: Lihat bagaimana pesaing memberi peringkat untuk kata kunci ini.

Hanya karena pesaing Anda melakukan sesuatu bukan berarti Anda harus melakukannya. Hal yang sama berlaku untuk kata kunci. Hanya karena kata kunci penting bagi pesaing Anda, bukan berarti kata kunci itu penting bagi Anda. Namun, memahami kata kunci apa yang pesaing Anda coba peringkat adalah cara yang bagus untuk membantu Anda memberikan daftar kata kunci evaluasi lain.

Jika pesaing Anda memberi peringkat untuk kata kunci tertentu yang ada dalam daftar Anda, tentu saja masuk akal untuk meningkatkan peringkat Anda untuk itu. Namun, jangan abaikan yang pesaing Anda tampaknya tidak pedulikan. Ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda untuk memiliki pangsa pasar dengan persyaratan penting juga.

Memahami keseimbangan istilah yang mungkin sedikit lebih sulit karena persaingan, versus persyaratan yang sedikit lebih realistis, akan membantu Anda mempertahankan keseimbangan yang sama dengan campuran istilah ekor panjang dan kepala. Ingat, tujuannya adalah untuk berakhir dengan daftar kata kunci yang memberikan beberapa kemenangan cepat tetapi juga membantu Anda membuat kemajuan menuju tujuan SEO yang lebih besar dan lebih menantang.

Bagaimana Anda mengetahui kata kunci apa yang diperingkat oleh pesaing Anda? Selain mencari kata kunci secara manual di browser penyamaran dan melihat posisi pesaing Anda, SEMrush memungkinkan Anda menjalankan sejumlah laporan gratis yang menunjukkan kata kunci teratas untuk domain yang Anda masukkan. Ini adalah cara cepat untuk memahami jenis-jenis istilah yang diperingkat oleh pesaing Anda.

Langkah 6: Gunakan Perencana Kata Kunci Google AdWords untuk mengurangi daftar kata kunci Anda.

Sekarang setelah Anda mendapatkan campuran kata kunci yang tepat, saatnya untuk mempersempit daftar Anda dengan beberapa data kuantitatif. Anda memiliki banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk melakukan ini, tetapi izinkan saya berbagi metodologi favorit saya.

Saya suka menggunakan campuran Perencana Kata Kunci Google AdWords (Anda harus menyiapkan akun AdWords untuk ini, tetapi itu tidak berarti Anda harus membuat iklan), dan Google Trends.

Di Perencana Kata Kunci, sebelumnya dikenal sebagai Perangkat Kata Kunci, Anda bisa mendapatkan volume pencarian dan taksiran kunjungan untuk kata kunci yang Anda pertimbangkan. Sayangnya, ketika Google beralih dari Perangkat Kata Kunci ke Perencana Kata Kunci, mereka menghapus banyak fungsi yang lebih menarik. Tetapi Anda dapat menebusnya sedikit jika Anda mengambil informasi yang Anda pelajari dari Perencana Kata Kunci dan menggunakan Google Trends untuk mengisi beberapa kekosongan.

Gunakan Perencana Kata Kunci untuk menandai setiap istilah dalam daftar Anda yang memiliki volume pencarian terlalu sedikit (atau terlalu banyak), dan tidak membantu Anda mempertahankan campuran yang sehat seperti yang telah kita bicarakan di atas. Tetapi sebelum Anda menghapus apa pun, periksa riwayat tren dan proyeksi mereka di Google Trends. Anda dapat melihat apakah, katakanlah, beberapa istilah volume rendah mungkin benar-benar sesuatu yang harus Anda investasikan sekarang - dan menuai manfaatnya untuk nanti.

Atau mungkin Anda hanya melihat daftar istilah yang terlalu berat, dan Anda harus mempersempitnya ... Google Trends dapat membantu Anda menentukan istilah mana yang cenderung naik ke atas, dan karenanya lebih bernilai untuk fokus Anda.

Dan ... Anda selesai!


Selamat! Anda sekarang sudah memiliki daftar kata kunci yang akan membantu Anda fokus pada topik yang tepat untuk bisnis Anda, dan memberi Anda beberapa keuntungan jangka pendek dan jangka panjang. Anda bahkan dapat mengunduh template SEO gratis kami untuk membantu Anda mengatur kata kunci dan melacak istilah mana yang Anda fokuskan untuk berbagai halaman situs web Anda.

Pastikan untuk mengevaluasi kembali kata kunci ini setiap beberapa bulan - sekali seperempat adalah patokan yang baik, tetapi beberapa bisnis lebih suka melakukannya lebih sering dari itu. Ketika Anda mendapatkan otoritas lebih dalam SERPs, Anda akan menemukan bahwa Anda dapat menambahkan lebih banyak kata kunci ke daftar Anda untuk ditangani saat Anda berupaya mempertahankan keberadaan Anda saat ini, dan kemudian berkembang di area baru di atas itu.

Orang Juga Bertanya


Apa itu optimasi mesin pencari?
Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah proses mendesain situs web Anda dan kontennya untuk mengarahkan lalu lintas situs web organik dari mesin pencari. Dengan melakukan penelitian kata kunci, dan membuat konten yang cocok dengan maksud pengguna saat menggunakan kata kunci itu, Anda dapat mengoptimalkan situs web Anda untuk pencarian yang paling sering dilakukan oleh audiens Anda.

Bagaimana cara menemukan kata kunci terbaik?
Beli SEO atau perangkat lunak pemasaran masuk
Periksa kata kunci peringkat situs web Anda
untuk
Buat persona pembeli
Periksa volume pencarian untuk kata kunci
Temukan kata kunci serupa menggunakan perangkat lunak SEO
Pantau perubahan peringkat dan lalu lintas Anda
Apa itu deskripsi meta dalam SEO?
Uraian meta SEO adalah uraian singkat tentang konten yang ditemukan di laman web. Deskripsi meta ditampilkan kepada pengguna di halaman hasil mesin pencari untuk membantu mereka memutuskan hasil pencarian mana yang akan diklik. Deskripsi meta bukan faktor peringkat di mata mesin pencari, tetapi mereka dapat memengaruhi berapa banyak orang mengklik hasil - yang secara langsung memengaruhi peringkat organik hasil.

mitos seo 2019
Awalnya diterbitkan 29 Mei 2019 17:10, diperbarui 29 Mei 2019

Topik:

Penelitian Kata Kunci
Jangan lupa untuk berbagi