SEO
Apa itu SEO - Dan Bagaimana Cara Kerjanya? [Intro untuk Pemula]
ALEJANDRO RIOJA
10 FEBRUARI 2019
 50
apa itu seo
Dengan lebih dari 1.3B situs web yang ada saat ini, bagaimana Anda dapat memastikan bahwa orang menemukan Anda ketika mereka mencari di Google, Yahoo, Baidu atau Bing?

Masuki dunia SEO.

Dalam posting ini saya akan membahas semua dasar-dasar SEO (termasuk definisinya) dan memberi Anda panduan untuk melakukan SEO sendiri (gratis).

Baca terus.

Isi Posting
1 Apa kepanjangan dari SEO?
2 Bagaimana cara kerja SEO?
3 Faktor apa saja yang memengaruhi SEO?
4 8 faktor SEO terpenting untuk peringkat tinggi:
4.1 1. Otoritas Domain
4.2 2. Kata kunci
4.3 3. Relevansi dan Konteks
4.4 4. Jumlah tautan Inbound dan Outbound
4.5 5. Kecepatan Situs
4.6 6. Desain bersih dan responsif
4.7 7. struktur URL
4.8 8. Panjang konten Anda
4.9 Jika Anda memiliki situs baru, bagaimana Anda memulai dengan SEO?
4.10 Alat apa yang dapat Anda gunakan untuk SEO?
4.11 Mengapa Anda melakukan SEO?
4.12 Alternatif untuk SEO: Apakah SEO lebih baik dari PPC?
4.13 Apa itu backlink SEO?
4.14 Apakah tips ini hanya untuk Google SEO?
4.15 Apakah ada alternatif lain untuk SEO?
4.16 Bagaimana Anda bisa belajar SEO?
5 Kata terakhir
Apa artinya SEO berdiri?
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, dan menggambarkan logika di balik peringkat situs web ketika Anda melakukan pencarian pada mesin pencari tertentu.

Singkatnya, SEO dapat didefinisikan sebagai strategi pemasaran digital yang membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas ke situs Anda.

Bagian optimasi SEO terdiri dari serangkaian langkah yang dapat Anda ambil untuk peringkat lebih tinggi di Google dan dengan demikian mendapatkan lalu lintas organik gratis.

Perhatikan bahwa saya mengatakan langkah-langkah, yang berarti bahwa selama Anda mengikuti setiap langkah (dan bersabar) Anda akan melihat hasil yang bagus.

Meskipun mungkin tampak membosankan dan menyakitkan pada awalnya, SEO sebenarnya bisa lebih menyenangkan dan mudah diterapkan.

Cara terbaik untuk memahami SEO saat ini adalah memecah maknanya. Dengan cara itu, SEO adalah:

Disiplin pemasaran - memahami SEO sangat penting untuk semua upaya pemasaran Anda karena dengan cara ini Anda akan dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dan menghasilkan arahan dan konversi. Anda tidak hanya perlu menulis konten yang disukai Google tetapi juga konten yang akan beresonansi dengan audiens Anda.
Tugas teknis - mengetahui praktik terbaik untuk mengoptimalkan konten dan situs Anda adalah penting jika Anda berencana untuk bersaing memperebutkan lalu lintas. Orang yang mengetahui seluk beluk optimasi mesin pencari sangat dicari karena ROI yang mereka bawa tinggi.
Bidang yang menarik - saya tidak tahu tentang Anda tetapi bagi saya, membuat konten obat bius dan menghasilkan arahan gratis adalah sangat menakjubkan. Juga, saya suka sifat SEO yang terus berkembang dan fakta bahwa itu membutuhkan pemasar seperti saya untuk terus membaca tentang perubahan algoritma baru dan banyak lagi.
Bagi Anda pelajar visual, inilah video sederhana dan keren yang menjelaskan tentang SEO secara terperinci.



Bonus: 11 area SEO kunci mana yang harus difokuskan untuk peringkat yang lebih tinggi?

Bagaimana cara kerja SEO?
Ketika seorang pengguna mencari istilah di mesin pencari seperti Google, hasil yang disajikan adalah serangkaian situs web yang relevan dengan kueri dan situs web yang memiliki otoritas domain yang kuat (di antara faktor-faktor lain yang dijelaskan di bawah).

Misalnya ketika Anda mencari ideas ide kue coklat ’, hasil teratas adalah yang mengadopsi praktik SEO terbaik di mata Google.

Ini terutama karena mesin pencari menggunakan crawler canggih yang mengumpulkan informasi di setiap situs web, mengumpulkan setiap bit konten yang dapat ditemukan di Internet.

Itu menciptakan indeks untuk setiap situs web yang dibandingkan dengan algoritma yang telah dibangun Google untuk praktik SEO terbaik.



Inilah Matt Cutts dari Google yang menjelaskan bagaimana semua ini bekerja:



Faktor-faktor apa yang memengaruhi SEO?
Baik Anda mencoba mempelajari lebih lanjut tentang SEO atau menginginkan teknik pemeringkatan aktual tentang cara meningkatkan SEO situs web Anda, ada serangkaian faktor di tempat dan di luar situs yang disukai Google dan mesin pencari lainnya ketika memberi peringkat pada setiap situs.

Meskipun ada lebih dari 200 faktor yang memengaruhi peringkat situs Anda, kabar baiknya adalah siapa pun dapat meningkatkan situs web mereka hanya dengan mengerjakan beberapa di antaranya.



8 faktor SEO terpenting untuk peringkat tinggi:
1. Otoritas Domain
Otoritas Domain (DA) adalah metrik yang menunjukkan seberapa besar kepercayaan yang telah dibangun domain Anda seiring waktu dengan masalah backlink dan usia.

LEBIH BANYAK SITUS YANG BICARA TENTANG ANDA, TINGGI OTORITAS ANDA.

Demikian pula, semakin lama domain Anda, semakin tinggi otoritas domainnya.

Faktor penting lain yang saya temukan adalah relevansi nama domain sehubungan dengan kata kunci utama yang Anda targetkan. Misalnya, seoexpert.com akan lebih mungkin untuk peringkat yang lebih baik daripada lucysblog.com untuk kueri terkait "seo".

Terakhir, beberapa teman pakar SEO saya melaporkan bahwa domain yang lebih pendek umumnya akan mengungguli domain yang lebih panjang.

Anda juga dapat meningkatkan otoritas domain Anda dengan membangun backlink ke situs Anda.

2. Kata kunci
SEO dimulai dengan memilih kata kunci yang tepat
(yang dapat Anda temukan dengan baik menggunakan Perencana Kata Kunci Google atau Ahrefs).

Strategi saya dengan blog baru adalah mulai dengan memilih kata kunci persaingan sedang hingga rendah dan kemudian secara perlahan membangun posting saya untuk menargetkan istilah yang lebih kompetitif.

Jika Anda ingin peringkat maka Anda harus memasukkan kata kunci LSI (kata kunci yang sinonim dengan istilah target Anda).

Misalnya, situs yang berbicara tentang "charger portabel" juga dapat mencakup istilah seperti "bank daya", "baterai portabel untuk ponsel" dan sebagainya. Pastikan untuk memasukkan kata kunci yang ingin Anda rangking dalam judul dan dalam sub-judul untuk optimasi halaman yang sempurna.

3. Relevansi dan Konteks
Mesin pencari lebih pintar dari sebelumnya.

Mereka tahu perbedaan antara halaman yang relevan dan yang disalin.

Mereka juga dapat membedakan apakah situs hanya tentang jeruk atau batang protein. Saya sarankan tetap berpegang pada niche ketika membangun situs dan menyediakan konten khusus untuk niche tersebut.

Bagi saya, niche saya adalah pemasaran online dan SEO.

4. Jumlah tautan Inbound dan Outbound
Tautan yang lebih relevan dengan situs web Anda, semakin besar skor SEO Anda.

Hal yang sama berlaku untuk tautan masuk yang sebenarnya lebih disukai, terutama jika berasal dari sumber yang bergengsi, relevan, dan populer.

Anda bisa mendapatkan backlink dengan menjadikan diri Anda tampil di situs berita besar misalnya.

5. Kecepatan Situs
Google sangat peduli tentang seberapa cepat situs Anda dimuat. Untuk mempercepat situs Anda, Anda dapat menggunakan plugin caching seperti W3 Total Cache atau menggunakan CDN untuk mengirimkan konten Anda dengan cara yang lebih cepat.

6. Desain bersih dan responsif
Saat ini, situs web terbaik yang dioptimalkan adalah situs yang bersih, fungsional, dan responsif terhadap perangkat dari semua jenis dan ukuran. Faktanya, Google bahkan lebih menyukai situs web yang memiliki desain ramah seluler daripada yang tidak memilikinya.

Jika Anda menggunakan WordPress, Anda dapat menginstal plugin AMP agar memuat situs Anda sangat cepat. Jika situs Anda tidak menggunakan WordPress, Anda harus mempelajari cara memanfaatkan proyek laman seluler yang dipercepat oleh Google.

7. struktur URL
Semakin mudah url Anda, semakin baik bagi manusia dan mesin telusur untuk memahami apa isi kiriman Anda.

Berikut ini dua contoh:

a) alejandrorioja.com/blog/what-is-seo/

b) alejandrorioja.com/blog/archives/12/17/2018/seo/?p=23

Jelas contoh A lebih baik karena deskriptif dan to the point.

Beberapa penelitian telah mengkonfirmasi bahwa semakin pendek url, semakin baik. Namun demikian, Anda masih ingin memastikan bahwa Anda memasukkan kata kunci teratas Anda di siput untuk jus SEO tambahan.

8. Panjang konten Anda
Setiap kali Anda menulis posting blog yang ingin Anda rangking, Anda ingin memastikan bahwa Anda akan sedetail mungkin. Mesin Pencari telah memberi konten konten bentuk panjang dan pada tahun 2018, Anda tidak akan memberi peringkat kecuali Anda menulis setidaknya 1500-2000 kata per posting.



Ketika Anda menulis konten formulir yang panjang, Anda memberi diri Anda kesempatan untuk menjelajahi topik secara mendalam, yang pada gilirannya meningkatkan waktu yang dihabiskan beberapa pengunjung di situs Anda dan memberi sinyal kepada Google bahwa konten Anda mengagumkan.

Jika Anda memiliki situs baru, bagaimana Anda memulai dengan SEO?
Banyak pembaca saya bertanya kepada saya pertanyaan ini:

"Jika saya harus memulai dari awal dengan domain baru, bagaimana saya melakukannya?"

Saya sebenarnya baru saja memulai percobaan dengan situs baru saya: The Insurance Nerd.

Seperti yang dapat Anda tebak dengan namanya, situs ini membahas berbagai topik tentang asuransi dan perawatan kesehatan. Saya memilih ceruk ini karena 1) sulit 2) membayar sangat baik di Adsense.

Saya memilih ceruk yang sulit untuk menguji apakah prinsip-prinsip SEO yang saya ajarkan berhasil, dan mereka melakukannya.

Jadi apa strateginya, saya ikuti?

Saya membahas rencana langkah demi langkah di sini, tetapi dapat diringkas sebagai:

Temukan kata kunci berekor menengah yang memiliki volume yang layak
Buat konten panjang yaitu 1500+ kata
Bangun backlink dengan posting tamu
Itu dia. Tidak ada yang lebih dari itu.

Alat apa yang dapat Anda gunakan untuk SEO?
Ada banyak alat bagus di luar sana. Yang favorit saya adalah (semuanya gratis!):

Kata kunci Everywhere untuk memahami volume dan persaingan kueri saya
Ahrefs untuk menganalisis setiap url dan melihat siapa yang menautkan ke mereka dan untuk kata kunci apa peringkat mereka
Google Search Console untuk melihat kinerja situs saya dari waktu ke waktu.
Saya menggunakan alat-alat itu untuk 97% dari apa yang saya lakukan. Untuk 3% sisanya seperti alat membangun backlink dan lainnya, baca daftar lengkap alat SEO saya.

Mengapa Anda melakukan SEO?
Pertanyaan bagus

SEO memiliki potensi untuk mengarahkan banyak arahan berkualitas ke situs web Anda secara gratis.

Misalnya, ketika Anda mencari "pengisi daya portabel yang disesuaikan", bukankah Anda lebih cenderung menjadi klien siapa pun yang muncul di Google?

Ini adalah kekuatan optimasi mesin pencari.

Ini memberi Anda petunjuk hangat yang nantinya Anda dapat menayangkan iklan atau bahkan menjual produk.

Alternatif untuk SEO: Apakah SEO lebih baik dari PPC?
SEO jauh lebih baik daripada PPC (bayar per klik) karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk iklan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.

Dengan PPC, lalu lintas Anda akan berhenti segera setelah Anda berhenti membayar iklan. SEO memiliki efek yang lebih tahan lama.

Pada flipside, keunggulan PPC adalah bahwa jika Anda memiliki halaman penjualan yang dikonversi dengan baik, Anda dapat dengan mudah meningkatkan penjualan Anda dari hari pertama tanpa harus menunggu semua upaya SEO untuk memulai dalam beberapa bulan kemudian.

Apa itu backlink SEO?
Tautan balik hanyalah tautan dari situs eksternal ke situs Anda. Misalnya, ketika saya menautkan ke agen SEO ini di Los Angeles, saya membuat backlink untuk mereka. Semakin tinggi backlink yang Anda dapatkan, semakin tinggi otoritas dan peringkat situs Anda.

Oleh karena itu, membangun backlink adalah tugas SEO utama jika Anda ingin mencapai halaman # 1.

Apakah tips ini hanya untuk Google SEO?
Google mendominasi ruang mesin pencari dengan hampir 80% dari semua pencarian global. Yahoo dan Bing masing-masing memiliki sekitar 9%. Meskipun teknik yang telah kami diskusikan di sini terutama tentang Google SEO, mereka berlaku untuk semua mesin pencari yang sama.

Apakah ada alternatif lain untuk SEO?
Mengingat bahwa tujuan utama SEO adalah untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda, Anda juga dapat memperoleh lebih banyak kunjungan melalui iklan (seperti Google Adwords atau iklan Facebook), Anda juga dapat mengarahkan lalu lintas melalui tautan afiliasi dan mendapatkan penawaran pada artikel di situs yang sangat diperdagangkan.

Bagaimana Anda bisa belajar SEO?
Pada akhirnya, cara terbaik untuk belajar SEO adalah dengan melakukannya. Semakin banyak konten organik, alami, dan unik yang Anda tulis di situs web responsif Anda, semakin baik hasil yang Anda harapkan.

Namun, sama seperti praktik pemasaran digital lainnya, SEO memerlukan waktu (setidaknya beberapa bulan untuk memulai) jadi bersabarlah dan jangan berkecil hati. Butuh setidaknya satu tahun untuk mulai melihat lalu lintas yang konsisten di situs saya.

Intinya adalah bahwa SEO bukanlah pekerjaan satu kali. Ini adalah strategi berulang yang harus fokus pada setiap situs web.

Ini bisa memakan waktu, tetapi jika Anda mau belajar maka itu pasti akan membuahkan hasil dalam jangka panjang.

Jika Anda serius mempelajari SEO, lihat posting SEO teratas saya dan pertimbangkan untuk berlangganan buletin saya.

Ingin belajar bagaimana saya melakukan SEO? Periksa pos ini.

Kata terakhir
Mendapatkan lalu lintas organik hanyalah langkah pertama dalam membangun bisnis yang sukses, jangan lupa bahwa Anda juga bisa mendapatkan lalu lintas dengan ditampilkan di situs-situs utama, menggerakkan banyak lalu lintas dari media sosial, dan membangun basis penggemar setia yang akan terus membeli dari Anda dan merujuk teman-teman mereka.

Butuh Peretas Pertumbuhan SEO di startup Anda? Pekerjakan saya penuh waktu. Pesan saja saya di Linkedin.

Jika Anda menyukai posting ini, maka Anda PERLU membaca:

Cara melakukan penelitian kata kunci yang tepat
Strategi SEO terbaik saya untuk mengungguli Forbes dan sampai ke halaman pertama di Google
Cara menulis artikel yang dioptimalkan dengan sempurna
Kata kunci Adsense dengan bayaran tertinggi